Sop Sayur Sosis


Kulinernonfidy.blogspot.com
Sup Sayur Sosis

Hallo guys..., met siang..., teman-teman..., apa kabar semuanya di musim panas bulan Juli ini?.
Di daerah kalian apakah saat ini sudah benar-benar terasa panas? Memang saat matahari bersinar dengan gagahnya..., summer day begini..., enaknya sich dibuat liburan ya nggak? hehehe.

Terasa  agak lama juga saya nggak muncul menulis artikel blog, dikarenakan hari-hari kemarin itu situasi dan kondisi yang  kurang memungkinkan saya untuk melakukan aktivitas cooking and baking sebagai bahan tulisan di artikel blog saya ini.

Apa kira-kira situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan itu ?
Salah  satunya yaitu tanpa di sangka-sangka ponsel Android saya melakukan aksi mogok..., tiba-tiba aja ngadat..., di charge lama nggak baterainya nggak naik2 nggak bisa dinyalakan sama sekali..., tombol on / of  (power) nya nggak bergetar nggak berfungsi sama sekali.

Nah lho..?,  salah siapa? kenapa bisa terjadi begini...?, saya juga nggak tahu.
Why..? Why..? padahal waktu itu saya sudah siap-siap untuk menulis artikel baru di blog saya. Ya sudah apa mau dikata jadi batal dech saya menulis artikel.
Apa mungkin ini pertanda kalau ponsel ini minta diganti dengan yang baru.

Maklum ponsel android saya ini sudah hampir 4 tahun usianya. Termasuk ponsel android jadul kali ya? jadi harus diganti dengan yang baru. Sabar ya ponsel..? jangan mogok terus...,  bila saatnya tiba pasti akan saya ganti kamu dengan ponsel baru yang sedikit lebih canggih hehehe.. :)

Singkat kata mau nggak mau ponsel harus dibawa ke tempat service untuk diperbaiki dibenerin supaya nggak ngadat lagi...

Saat sampai di sana saya tanyakan kepada ahli service..
Saya : "Kenapa ya kok ponsel android saya nggak bisa dinyalakan powernya?  Di charge juga baterainya nggak naik ?"
Ahli Service : "Sebentar ya mbak saya periksa dulu silahkan tunggu."  Sambil ia beranjak menuju ke meja tempat perlengkapan peralatan service.
Pikir saya..., semoga saja rusaknya nggak parah.., kalau sampai kena software ponsel kan parah tuch harus diganti semuanya? Nggak lama kemudian.
Ahli Service :, "Ponselnya ini yang rusak itu di bagian konektornya mbak..., makanya tombol power kalau ditekan nggak akan bisa menyala."
Saya :, "Jadi konektornya ya yang harus diganti ?."
Ahli service :, "Iya konektor nya harus diganti yang baru."
Saya :, "Oke kalau begitu diganti aja konektornya.., kira-kira lama nggak ya selesainya?."
Ahli Service : "Masih beberapa jam lagi karena lagi banyak garapan kerjaan. Kalau mau ditinggal dulu nanti balik lagi diambil juga nggak apa-apa mbak."
Saya :, "Oke saya tinggal dulu nanti saya ke sini lagi  ngambil kalau sudah selesai ponselnya."
Ahli service : "Iya mbak silahkan"
Saya pun  pergi menuju ke lokasi pertokoan yang nggak begitu jauh dari  tempat service tersebut.

Namanya  juga kaum hawa kalau sudah sampai di pusat pertokoan (mall) pasti akan jalan-jalan hampir semua tempat dijelajahi refreshing sekalian cuci mata. Hihihi..., eiiits..., tapi ini nggak sering lho ya? kali ini kan pas kebetulan? sambil nunggu ponsel saya yang sedang diservis  jadi saya jalan-jalan ke mall..., sekalian makan.

Setelah puas jalan cuci mata di mall..., tiba saatnya saya menuju lokasi tempat servis.

Sesampai nya di sana ponsel saya sudah selesai digarap diganti konektornya. Terlebih dahulu nggak lupa saya mengecek apakah benar ponsel saya powernya sudah berfungsi dengan benar..?
Setelah ponsel terlebih dulu dicek, diuji coba lagi dan bisa berfungsi normal kembali, saya kemudian membayar dan mengucapkan terima kasih kepada ahli servis saya pun pergi beranjak pulang.

Saya lega karena ternyata bukan software ponsel yang rusak jadi nggak parah kerusakannya. tapi hanya konektornya saja.

Dan baru sekarang saya bisa menulis artikel di blog saya kembali.
Wah..., panjang lebar ya cerita saya?

Baiklah saat ini saya lagi ingin makan makanan yang sehat.
Seperti kita ketahui banyak sekali macam dan ragam sup sehat, dan dari resep aneka sup, saya akan
membuat sup sayuran sosis.

Oke..., kita mulai aja yuk teman-teman..., berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Bahan-bahan

Bahan-bahan :
  • 3 Siung bawang putih
  • 8 Siung bawang merah
  • 200 gram ayam 
  • 3 Buah wortel ukuran sedang
  • 2 Buah kentang ukuran sedang
  • 2 Sawi putih 
  • 3 Sosis ukuran sedang
  • 4 Bakso ukuran sedang
  • 2 Batang bawang prei
  • Daun Seledri secukupnya
  • 800 ml  Air Putih
  • Kaldu bubuk secukupnya.
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 1/2  Biji Pala

Cara Membuat :
  • Langkah pertama cuci ayam sampai bersih.. Bila ada jeruk nipis lumuri ayam dengan perasan jeruk nipis.
  • Cuci semua sayuran seperti sawi putih, wortel dan kentang.
  • Potong  wortel ukuran bulat atau menurut selera.
  • Kupas dan potong kentang   menjadi beberapa bagian
  • Potong sosis menurut selera
  • Potong Bakso menurut selera
  • Potong ayam menjadi kotak-kotak kecil. Jangan buang kulit ayam 
  • Siapkan panci tuangi 800 ml air didihkan  di atas kompor
  • Setelah air mendidih masukkan ayam ke dalam panci. 
  • Didihkan ayam hingga lunak.
  • Masukkan potongan wortel dan kentang ke dalam air rebusan ayam. Masak dan biarkan hingga wortel dan kentang menjadi agak lunak.
  • Sementara itu haluskan bawang putih, bawang merah, merica, garam dan biji pala. 
  • Dengan mentega atau minyak tumis bawang merah, bawang putih yang telah dihaluskan.
  • Tumis  bumbu halus  sebentar saja sampai harum.
  • Kemudan  tuangi  tumisan bumbu halus  ke dalam panci  yang berisi ayam, wortel dan kentang
  • Masukkan potongan sosis dan bakso
  • Masukkan sayur sawi putih dan irisan daun bawang prei, daun seledri  ke dalam panci.
  • Beri garam dan kaldu blok bila perlu. 
  • Jangan lupa koreksi/ceki rasa beberapa kali.
  • Masak hingga sayur matang sempurna.
  • Angkat sup letakkan ke dalam suatu bowl atau mangkuk.
Nah...,  sup  sosis  sayurnya  sudah jadi dech teman-teman.
Bagaimana sangat mudah bukan?

Kulinernonfidy.blogspot.com
Sop Ayam Sayur Sosis 

Sajikan sup sosis sayur  ini selagi panas dengan nasi putih bersama lauk pelengkapnya yaitu  perkedel kentang dan bakwan jagung.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Lauk  Pelengkap Sup
Perkedel dan Bakwan Jagung

Semoga dengan resep aneka sup dalam artikel blog saya ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

Akhir kata..., selamat makan siang ya semuanya.
Semoga hari ini dan selanjutnya akan membawa kebahagiaan dan keberkahan  bagi  kita semua. 
Salam satu jiwa..
Salam sukses selalu :)






Comments

  1. aku lebih tergoda sama perkedel dan bakwannya

    duuuh, pengen maem
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Kak Roshandhayani suka sama perkedel dan bakwan jagung ya? Sama dong aku juga doyan banget sama perkedel kentang... di makan bareng sup kan cocok hehehe...
      Makasih ya kak Roshandhayani sudah mamppir di blog aku.. :)

      Delete
  2. Pas lagi laper, nemu blog ini kan amberegul banget. hihihi.. Salam kenal yo kakak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga kak Jasmi..:)
      Hehehe.... Pas lagi lapar ya? klop kalau begitu.. tinggal disantap aja Sup plus perkedel kentang dan bakwan jagung..
      Jangan lupa dicoba buat ya?

      Makasih ya kak Jasmi sudah mampir ke blog aku.. :)

      Delete
  3. Makasih buat komennya ya mbak..
    Makasih banyak mbak Anisa sudah mampir ke blog aku.. :)
    Semoga mbak Anisa semakin sukses..
    Salam satu jiwa.. #Arema

    ReplyDelete
  4. ini resep dicampur servis hp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk... sebentar saya pingin ngakak dulu baca komen MasIrwin... hahahaha...! Habis gokil sich komennya..:D

      Nah itulah ciri khas artikel blog saya
      Ada liputan ceritanya sedikit baru setelah itu resep..
      Supaya pengunjung terhibur nggak boring
      Hehehe... :)
      Makasih Masirwin sudah mampir ke blog saya.. Sukses selalu..

      Delete
  5. Meski sederhana dan gampang.. sup memang sehat dan pas dibuat menu sehari-hari karena cukup bergizi.. lauknya perkedel kentang dan bakwan jagung.. cocok dengan sup sayuran.
    Makasih kak sudah berbagi resep..😃😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget kak meski sederhana buatnya mudah tapi masakan sup sayuran sosis sangat sehat dan bergizi bernutrisi bagi tubuh kita.

      Iya kak sama2 saya senang berbagi resep semoga bermanfaat ya kak?
      Makasih juga sudah mampir ke blog ku..
      Salam sukses selalu..

      Delete
  6. Aku suka banget Sup Sosis yang ada sayurannya.. terus lauknya sama perkedel kentang juga.. Wah.. Maknyus deh..
    Aku sudah makan sayur tapi kalau sayur dibuat Sop aku mau kak.. biasanya ibu di rumah yang sering masakin Sop buat keluarga..

    Nanti kapan-kapan masak2 desert ya kak?
    Aku tunggu artikel nya..
    Tambah sukses ya kak.. 😃😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut seneng kalau orang yang tadinya nggak suka sayur malah doyan sayur karena sayur diolah menjadi sup sayuran..

      Okelah nanti saya pasti buat dessert dan membagikan resepnya di sini..
      Makasih adik atas doanya buat saya..
      Sukses juga buat kamu ya?

      Delete
  7. Setiap orang pasti pernah merasakan masakan sup . Dan tiap keluarga pasti punya resep menu sup favorit keluarga..
    Seperti dalam keluarga saya sangat senang dengan chicken soul.. sup kacang merah.corn soup dan lain2..

    Senang ada yang share resep sup di sini...😃😄
    Semoga kita bisa saling berbagi resep yang bermanfaat ya mbak? Salam sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar... Setiap keluarga pasti punya resep Suo favorit keluarga..
      Ternyata banysk juga ya sup favorit keluarga anda..
      Iya sama-sama..
      Senang juga kalau siapapun mau berbagi resep favorit keluarga.. untuk nambah wawasan kuliner.
      Makasih banyak..
      Salam sukses juga untuk anda..
      Btw alangkah baiknya bila anda mencantumkan nama anda pada kolom komentar.. biar bisa saling kenal.. bener nggak? Hehehe..
      Thanks sudah mampir di blog saya . :)

      Delete
  8. Aduhhh jadi laper dan keluar iler nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi laper ya? Ayo silahkan di santap... Hehehe....
      Wah sampai ngeces ya? Maaf Hihihi... kalau sekota bisa cobain dech masakannya..:)

      Makasih banyak kak Ramadani Idaham sudah mampir ke blog aku..
      Sukses selalu.. :)

      Delete
  9. pengin nyicip gratis Sop sayur sosisnya, mudah2an ada promo gratis,heheh... :)

    ReplyDelete
  10. Wkwkwkwk.. Waduh kayak lagi beli baju promo buy one get one ya? Wkwkwkwk.. :)
    Oh silahkan dengan senang hati Ini hanya menu masakan sederhana sehari-sehari.. Kalau satu kota teman-teman siapa aja termasuk kang Nata monggo silahkan untuk datang menjadi juri mencicipi masakan yang saya buat.
    Mungkin ada kritikan dan input buat masakan saya... Hehehe...

    ReplyDelete
  11. Suka sama yang namanya sup. Jadi ingat masakan ibu di rumah. 😄
    Moga tambah sukses kak.😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget kalau soal masakan sup.., nggak perlu diragukan lagi, pasti ibu ibu kita jagonya.

      Awalnya resep sup dari eyang,terus turun ke ibu terus turun ke kita.

      Makasih ya doanya, sukses juga buat kamu.. :)

      Delete
  12. Seger nih makan sup sayuran lauknya perkedel.., mantap kali.👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sup sayuran itu bergizi karena mengandung banyak serat dan vitamin yang bagus manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kulit.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bakpao Buah Naga Merah

Kue Semar Mendem

Koloke