Roger Jasuke


Kulinernonfidy.blogspot.com
RoGer  Jasuk

Hallo Juni...,  hallo semuanya!.
Wah, waktu cepat sekali berlalu. Sekarang kita sudah berada pada pertengahan bulan Juni.
Sudah pertengahan tahun juga ya..,  hehehe.

Yang paling saya senangi dari pertengahan  tahun itu adalah pas summer days, hari-hari musim panas yang artinya cocok banget dibuat Summer Holiday.
Iya begini ini pas bulan Juni, Juli. 
Paling enak musim panas begini.. ., dengan cuaca yang cerah bisa  melakukan aktivitas liburan ke mana-mana.
Kalau saya sukanya summer holiday on the beach...,  hehehe.
Maklum dari kecil saya sudah terbiasa liburan main ke pantai.

Semasa usia kanak-kanak domisili saya bersama orang tua di luar Jawa di sebuah pulau yang terkenal dan dikelilingi dengan lautan.
Jadi bisa dibayangkan ke luar rumah ke mana-mana sudah ketemu pantai.
Banyak pantai  yang indah tinggal pilih mau ke pantai yang mana..., yang dekat atau yang jaraknya jauh.

Masing-masing  pantai memiliki ciri khas masing-masing.
Pantai yang berjarak dekat dan jauh  di pulau tersebut sudah saya kunjungi.
Kelebihan yang saya lihat dari pantai-pantai  tersebut  adalah deru ombaknya nggak besar karena lautnya termasuk teluk sehingga deburan ombaknya cenderung kecil dan tenang.

Saya pecinta pantai. Rasa rindu mengingatkan saya kembali ke masa kecil saya yang sering sekali liburan ke pantai..,  menikmati laut yang biru di bawah pohon kelapa dan pohon ketapang..., kemudian berlari-lari di atas pasir pantai, berenang..., menyantap rujak dan minum kelapa muda bahkan makan durian pun di tepi pantai.., oh indah sekali kenangan masa kecilku dulu.
Kadang terlintas dalam benak saya, "Andai saja waktu dapat kuputar kembali."
Ah..,  sdahlah nggak perlu baper mengingat masa kecil dulu, kata saya dalam hati #hiks #sweet memory.

Oh iya, kalau kita perhatikan benar lagu-lagu instrumentalia khas di daerah sana itu irama musiknya agak mirip dengan musik khas Hawaii.
Bisa jadi terinspirasi dari sana ya?.
Jadi kalau mendengar alunan musik instrumentalia khas daerah tersebut di pantai. Saya jadi membayangkan sedang berlibur di pantai Hawaii..., hehehe.
Padahal  sedang berada di  pantai elok Natsepa atau Liang..., hehehe.
Semoga suatu hari nanti saya bisa kesampaian travelling  berlibur ke pantai-pantai di Hawaii.  Amin.

Wah jadi melantur nich cerita tentang laut dan pantai.
Karena musim panas begini selalu mengingatkan  saya  akan pantai.

Cerita tentang pantai kita sudahi dulu..., sekarang kita kembali ke kuliner ya? praktek buat camilan yuk? buat salah satu dari resep aneka roti goreng.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Segitiga Roger Jasuke

Siapa yang nggak kenal dan nggak suka roti?  Pasti rata-rata semua pada doyan baik roti isi  maupun roti tanpa isi.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Bahan-bahan

Pada kesempatan ini saya tidak akan membuat roti lho ya?
Tetapi saya akan membuat makanan kecil yang berbahan roti tawar.
Baiklah..., kita mulai saja yuk cara mengolah roti.
Berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan :
  • 8 - 10 Lembar Roti Tawar  tanpa pinggiran
  • 100  gram Keju parut
  • 1/2  Buah Bawang Bombay
  • 75  gram Jagung manis rebus
  • 3 Lembar beef  burger  diiris kotak atau menutut selera.
  • Beef burger  bisa diganti  dengan Sosis  atau daging  kornet.
  • 100 ml  Susu  Cair

Kulinernonfidy.blogspot.com
Bahan Pencelup Telur
Tepung Roti

Bahan Pelengkap :
  • Saus Tomat
  • Mayonaise

Cara  Membuat :
  • Pertama siapkan wajan di atas kompor, panaskan wajan.
  • Masukan 1 sendok mentega dan irisan bawang bombay,  tumis sebentar 
  • Masukan 2 sendok makan tepung terigu,  kemudian  aduk bersama mentega dan bawang bombay.
  • Segera masukan 100 ml susu cair ke dalam wajan, lalu aduk  terus agar mentega,, terigu dan susu cair bisa tercampur rata. 
  • Usahakan adonan jangan sampai menggumpal untuk itu adonan harus diaduk-aduk terus  hingga licin benar. Bila masih menggumpal bisa ditambahkan air matang sedikit saja.
  • Adonan harus kental tampi tidak bergumpal.
  • Masukkan 100 gram  jagung manis rebus
  • Kemudian biarkan diamkan sampai adonan mendidih, masukkan irisan beef  burger yang telah diiris kotak ke dalam adonan susu.
  • Masukkan 100 gram keju parut lalu aduk hingga rata.
  • Aduk semua bahan agar tercampur rata dan biarkan sebentar hingga adonan matang.
  • Setelah matang angkat adonan letakkan dalam sebuah wadah sisihkan.
  • Siapkan 8 lembar roti tawar.
  • Siapkan adonan isi yaitu adonan jagung susu keju beef yang tadi sudah dibuat.
  • Ambil satu lembar roti tawar kemudian olesi dengan adonan isi. Kemudian tutup kembali dengan selembar roti.
  • Lakukan  hal yang sama sampai roti habis. 
  • Kocok lepas 2 butir telur dalam satu wadah
  • Siapkan tepung panir
  • Ambil satu tangkap  roti  celupkan dalam kocokan telur kemudian gulingkan dalam tepung panir dan balurkan  hingga merata.
  • Lakukan hal yang sama pada semua.
  • Bila semua roti telah dibalur dengan tepung panir, letakkan dalam lemari es kira-kira 30 menit agar tepung  panir dapat melekat degngan  rata.
  • Siapkan wajan berisikan minyak panas.
  • Goreng semua roti sampai berwarna golden brown atau kuning keemasan.
  • Saat menggoreng jangan lupa roti nya dibalik  agar  matangnya merata.
  • Setelah matang angkat roti goreng dan tiriskan.
  • Ambil roti goreng kemudian belah roti menjadi dua dan berbentuk segitiga. 
  • Sajikan roti goreng segitiga ke dalam piring saji dan siap  untik disantap.
  • Lebih mantap bila disantap dalam keadaan panas dengan saus atau mayonaise. 

Kulinernonfidy.blogspot.com
Triangle Roger Jasuke

Tarra!!. Roger Jasuke nya sudah jadi dech.
Nah, bagaimana?  ternyata mudah bukan cara membuatnya? 
Kalau ingin camilan roti crunchy dengan rasa yang khas berbeda sekarang dengan mudah teman-teman bisa membuatnya sendiri di rumah.
Semoga saja resep aneka roti goreng kali ini bisa bermanfaat bagi semua  yang membutuhkan.

Selamat sahur ya bagi teman-teman yang menjalankan.
Selalu sempatkan untuk sahur ya? Karena di dalam sahur itu terdapat  berkah.
Salam  satu jiwa.








  


Comments

  1. Kalo menunya begini jadi gk kuat teraweh :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh ya? Menu camilan yang begini jadi nggak tarawih? Lho Kenapa? bisa aja ni kak, tarawih dong.. Meski kekenyangan habis buka puasa.. Hehehe... :)

      Makasih ya kak Indra sudah mampir ke blog aku.. :)

      Delete
  2. mmm,, boleh pesen roger jasukenya donk, lumayan buat buka puasa nanti hi..hi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh boleh-boleh kalau mau pesen roger jasuke nya untuk buka puasa tahun depan ya? Hehehe...
      Sekarabg kan puasanya sudah habis.. Hehehe
      Semoga puasa kita semua diterima Allah SWT dan bisa bertemu di bulan Ramadhan tahun depan.
      Met Idul Fitri 1 Syawal 1439 H.
      Mohob maaf lahir dan batin ya?

      Delete
  3. Woww, simpel tapi menggugah selera banget inii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...makasih.. Iya simpel bahannya dan praktis tapi bisa mengguggah selera.. rasanya lembut di dalam.. crunchy di luar..
      Roger Jasuke ini cocok dibuat ngemil kapan aja.. Roti goreng dengan filling jagung susu keju..

      Selamat Idul Fitri
      1 Syawal 1439 H
      Minal Aidzin Wal Faidzin
      Mohon maaf lahir dan batin ya Aul..
      Semoga kita bisa bertemu di bulan Ramadhan tahun depan. Amin

      Delete
  4. Saya juga paling suka dengan musik intrumental, teras lebih bisa memaknai. Roger, roti isi jagung, aduh cepat kenyang itu.

    ReplyDelete
  5. Iya benar musik instrumentalia kalau didengar dan dinikmati terasa lebih mengena ya karena lebih memaknai apa yang disampaikan pencipta melalui sebuah lagu dan musik. Dan saya suka musik ala Hawai.. di mana alunan musik instrumentalia nya terasa nyaman dan damai..

    Iya Roger itu roti goreng yang isinya Jasuke alias jagung susu keju..
    Iya ada jagung manisnya tapi nggak banyak kok jadi nggak bikin kenyang hehehe...

    Makasih banyak mas Djangkaru Bumi sudah mampir di blog ku.

    ReplyDelete
  6. wow. makanannya rasanya ingin melahapnya, sayang cuma gambar. Kalau memasaknya saya khawatir akan salah2, sebab skill memasak saya masih NOL Mas. hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouw silahkan dilahap kang Nata... dibayangin aja sudah kenyang hehehe..
      Kalau satu kota.. kang Nata saya kirimin dech..hehehe..

      Tapi..tunggu tunggu sebentar.. Pingin ngakak dulu ya? Kok saya dipanggil Mas sich? hahaha...
      panggil mbak kalee..?
      Hehehe...
      Makasih ya kang Nata sudah mampir di blog saya...

      Delete
  7. Harusnya di pertengahan tahun memang jadi summer holiday ya. Tapi di daerahku malah hujan terus setiap hari. Huhu. Tapi roger jasuke ini bisa jadi teman hangat di musim hujan gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ..Leres mbak Anisa bener banget.. pertengahan tahun bulan Juni-Juli umumnya Summer..
      Sama mbak di kota tempat tinggalku juga
      hampir tiap hari turun hujan saat siang sampai sore hari bahkan malam hari juga.
      Bener-bener nggak bisa diprediksi ya cuaca bulan Juni ini.
      Bakalan bisa batal dech liburan dech kita gara-gara hujan hehehe.. :)

      Mending kalau hujam begini kita nyantap roti goreng Jasuke hangat aja yuuk sambil nonton tv.. biar lebih mantap hehehe...

      Makasih banget mbak Anisa sudah mampir ke blog aku.. Salam satu jiwa.. ;)

      Delete
  8. Sampai sekarang aku masih mengingat-ingat kayaknya aku kok pernah makan penganan ini ..., tapi saat itu penganannya ngga berbentuk segitiga dan juga aku ngga tau namanya.
    Saat itu makan makan aja 😂

    Dilihat dari bahannya, aku ngeh pernah makan.
    Enak banget rasanya.

    ReplyDelete
  9. Ouw aku yakin banget pasti brader pernah makan penganan roger jasuke ini, tapi lupa di mana dan kapan? enak banget ya? Aku nebak pasti isinya ada cheese nya. HeheheHehehe:)

    Memang penganan ini gampang ditemuin di mana-mana, bentuknya juga nggak segitiga tapi persegi empat.
    Supaya beda aku buat variasi bentuk segitiga mirip sama sandwich tapi digoreng dengan tepung panir.
    Isinya juga lain bukan rogut tapi jasuke.

    Aku mau nanyananya, brader tahu nggak kepanjangan dari Roger Jasuke ini? Hehehe .
    Kalau bisa nebak nilainya bukan100 lagi tapi 1000. Xixixi.. :)

    ReplyDelete
  10. Yups, seingatku waktu itu akan makan penganan ini bentuknya persegi empat.
    Ingatnya saat digigit kejunya terasa lumer sampai netes di mulut 😁

    Aku nebaknya ..., Ja = gung, Su = su,Ke = ju.
    Ya kan 😁 ?

    Nah kalo Roger itu diambil dari nama penemunyakah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat brader bentuknya persegi empat ya?umumnya memang persegi empat.

      Oh ternyata bener dugaanku kalau rasanya enak karena isinya itu pasti ada kejunya yang banyak..
      OOow.. apalagi yang digigit brader itu pasti keju mozarella karena melted lumer di mulut..:)

      Tebakan untuk Jasuke itu.. benar banget.. Jagung Susu Keju ditambah kornet biar lebih spesial tasty nya..

      Tapi tebakan untuk Roger sayangnya salah brader.
      Roger itu singkatan dari Roti Goreng.
      Hehehe..:)
      Aku sengaja kasih nama beda camilan ini biar beda aja.. HehehHehehe..

      Delete
  11. Fix, buat cemilan keluarga weekend besok. Kebetulan bahan2nya lg ada semua :D. Dulu pas msh tinggal ama mama, roti goreng ragout sering banget mama bikin. Baca resep ini jd inget roti gorengnya mama :( . Makanya jd pgn aku bikin :)

    ReplyDelete
  12. Makasih banyak kak Fanny buat apresiasinya dan komennya..:( Ooh Roger Jasuke ini jadi ngingetin sama roti goreng mamanya kak Fanny ya? Wah pasti buatan beliau enak banget ya hingga jadi menu favorit keluarga.

    Iya kebetulan ada bahannya semua ya kak jadi ntar bisa buat untuk menu camilan weekend buat keluarga.
    Selamat mencoba Riger Jasuke ya kak.
    Salam buat kak Fanny sekeluarga

    Makasih sudah mampir ke blog aku.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bakpao Buah Naga Merah

Kue Semar Mendem

Koloke