Ca Jagung Muda (Baby Corn)

Hallo good people.., teman-teman yang baik,
Selamat pagi menjelang siang semuanya.
Bagaiman kabar teman-teman semuanya? semoga semuanya dalam keadaan baik+baik saja ya? dan saya harap hari-hari kalian  tetap menyenangkan.
Memang hidup itu nggak selalu berjalan mulus, but that's a life!. Baik pahit, manis, asin apapun harus tetap dijalani dengan senyum,  semangat dan ikhlas.

Di pertengahan  bulan April ini harapan saya semua aktivitas teman-teman berjalan dengan lancar.
Semoga hari ini membawa keberkahan  bagi  kita  semua.
Dan hari ini juga saya telah membuat resep sederhanan dan ingin berbagi resep kepada siapa aja sehingga bisa mempraktekkan dan menikmati menu masakan sehari-hari yang ringan sederhana ini tapi cukup bergizi kok, jangan khawatir..., hehehe.
Kali ini saya akan memasak dengan menggunakan bahan sayuran "Janten"  dalam bahasa Jawanya.., tapi ada juga yang menjulukinya "Putren" entahlah mungkin di setiap daerah  julukan sayuran ini berbeda-beda ya.
Janten ini kalau dimasak terus dimakan rasanya krenyes-krenyes renyah enak. Kalau  dalam bahasa InggrisnyaInggrisnya itu Baby Corn dan bahasa Indonesia disebut Jagung muda. Pasti teman-teman bergumam, nah begitu dong dari tadi kek pakai bahasa Indonesia aja kenaoa sich supaya semua orang jadi ngerti artinya, hehehe.

Okelah kita mulai saja cara membuatnya yuk?

Kulinernonfidy.blogspot.com
Ca Jagung Muda

Bahan - bahan :
  • 5 Siung Bawang Putih digeprek 
  • 1/2 Bawang Bombay diiris tipis
  • 100 gram udang dicuci, dikupas dan dibelah dan dibersihkan punggung udang
  • 1-2 Sendok makan Kecap.asin
  • 1 Sendok  makan saus tiram
  • 200 gram Jagung muda (baby corn)  dibelah- belah.
  • 2 Cabai hijau besar diiris tipis - tipis serong
  • 2 Cabai merah besar diiris tipis -tipis serong
  • Cabai rawit bila suka
  • 2 Batang daun bawang (daun prei) diiris dan diambil bagian yang berwana putih
  • 150 gram jamur tiram dibelah - belah
  • 50 gram petai  bila suka
  • Kaldu bubuk 
  • Garam
  • Merica
  • Gula
  • 5 Sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat :
  • Langkah pertama siapkan wajan di atas kompor dan tuangkan 5 sendok makan minyak goreng.
  • Nyalakan kompor, panaskan minyak kemudian tumis irisan bawang putih dan bawang bombay sampai  harum baunya. 
  • Masukkan udang yang sudah dibersihkan
  • Tambahkan kecap asin dan saus tiram.
  • Berikan air sedikit dan didihkan
  • Setelah mendidih masukkan jagung muda (baby corn)  masak hingga setengah matang.
  • Kemudian masukkan irisan cabai merah cabai hijau petai dan jamut tiram.
  • Masukkan kaldu bubuk
  • Aduk lalu masukkan irisan daun bawang.
  • Kemudian bubuhkan garam, merica dan gula.  Lakukan tes rasa untuk mendapatkan rasa yang pas di lidah.
  • Setelah semua bahan cukup matang,  matikan  kompor dan angkat letakkan di piring saji.
Hidangkan segera. Sangat cocok bila Ca jagung muda dihidangkan bersama dengan nasi putih.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Ca Baby Corn

Tips : 
Dalam memasak Ca Jagung Muda ini sebaiknya di atas api besar dan dikerjakan secepatnya  supaya bahan tidak menjadi terlalu matang.

Bagaimana teman-teman? Mudah dan praktis bukan?
Selamat mencoba ya teman-teman semua? semoga bermanfaat bagi kita semua.
Oh ya, kalau ada yang mau komen Monggo..., silahkan pasti akan saya balas komen teman-teman semua.
Makasih ya atas kunjungan kalian ke blog saya.
Selamat beraktivitas kembali.
See you all.






Comments

  1. Dapat resep baru ^^. Saya penyuka jagung manis nih, tapi belum pernah masak baby corn sih, hehe. Mau nyoba deh.

    ReplyDelete
  2. Oh Iya sama saya juga suka jagung manis mbak.
    Monggo silahkan dicoba Ca Baby Corn ini mbak Anisa.. ada sensasinya makan baby corn ini rasanya krenyes-krenyes.. Hehehe..
    Makasih ya mbak Anisa sudah berkunjung ke blog aku.. :)

    ReplyDelete
  3. Enak nih cah jagung muda di mix udang.
    Apalagi ditambahi jamur tiram .. heumm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Makasih penilaiannya brader..
      Masakan sederhana tapi bergizi.. Siapapun bisa buat karena gampang...
      thanks for visit my blog..:)

      Delete
    2. Your welcome,sista.
      O,iya kuperhatikan foto masakannya ada pete, tapi di resepnya kok ngga dicantumin ya ?.
      Bener bukan sih itu pete,sista ?

      Delete
    3. Iya ada petenya di foto masakannya. Oh ya? di resep nggak aku cantumun tulisan pete nya?
      Barusan aku lihat dan cek ada kok di resep brader..
      tulisannya di bawah jamur tiram. Tulisannya "petai bila suka." Iya kan?.
      Kelewatan ya bacanya brader? Hehehe..
      Btw ada koreksi laiinya mungkin? Silahkan brader hehehe... :)

      Delete
    4. Wuakakakakaakaaa ... 😂
      Duh Maluku, eh Malu-nya aku .. !!
      Kelewatan membaca bahan resepnya 😅

      Maklumin ya soalnya kemarin itu aku komen sambil mata rada2 merem karena ada tugas dari tempat kerja subuh dini hari trs bablas kerja sampai malam, jadi konsen kurang apik #perluoksigen 😃

      Delete
    5. Hahahaha.... Maluku? Olala.. nggak usah malu brader nyantai aja namanya juga nggak sengaja kelewatan baca resepnya dan komennya sambil rada merem-merem hehehe..:)

      Ooh kemarin ada tugas jadi berangkat subuh? Terus langsung lanjut kerja sampai malam? Jadi kurang istirahat, konsentrasi buyar, kurang oksigen.. Anda perlu minum A**a? (Mineral water) Xixuxi... Kidding.

      Bener kalau kurang istirahat kita jadi nggak konsentrasi..
      Olah raganya brader apa?.renang ya? Hehehe..



      Delete
    6. Hahaaha ... lebih dari mineral water, kayaknya perlu nyemplung di kolam air terjun Seloprojo,niiih 😁

      Yups,aku sukanya renang.
      Renang di sumber mata air,aku lebih suka.
      Airnya kerasaa .. cessszzzz .. asupan oksigen tubuh langsung bertambah 😃

      Delete
    7. Hahaha...more than mineral water ya? Nyemplung aja ke air terjun Seloprojo..
      Wouw. so cool so fresh.. Seger banget..!

      Ouw.. Jadi lebih seneng renang di sungai yang ada mata airnya . sensasinya beda ya? Oksigen bertambah.. Jadi Semangka..eh semangat kalau renang.. hehehe..
      Aku support mr. Hino untuk menang dalam Asian Games dalam cabang olah raga renang.. Hidup mr. Hino.. Do the best for this country... Hihihihi.. :)

      Delete
    8. Wuakakaaakaa .. kayak gini koknjadi juara renang Asian Games sih 🤣 ?
      #nunjukdirisendiri

      Yang ada, peserta lain dah bolak balik rute 3 kali ... akunya 1 kali rute aja belom nyampee ...
      Hadeeuh ... 😂

      Yuk,makan cah jagung muda aja yok aakh ... laper niih

      Delete
    9. Lah kok malah pesimis begitu sich mr. Hino? saya pikur anda punya potensi lebih sebagai atlit renang.. Saya dukung 1000% mr. Hino jadi perenang profesional. sampai ke Olympiade.. Nah keren kan? Bravo mr. Hino..! Takhlukan dunia sebagai perenang..!Hihihi..!

      Lho jam segini belum makan pak? Ohh monggo silahkan dimakan Ca Jagung Muda nya.. Jagungnya habis tinggal muda nya aja.. Wkwkwk.. Aku kalau malam nggak makan nasi..nggak nepsong makan.. tapi aaku ngemil aja cukup.. ngemil apa aja.. Hehehe..:)

      Delete
    10. Hahaa .. perenang ala2 ikan pesut nih aku dan Deni manusia iwak cupang 😅

      Ngemilnya sebaskom buat ngganti asupan nasi ya kalo malam 🤔 ?

      Delete
    11. Hahaha... perenang ala ikan pesut.. Ooh Deni manusia ikan... Ikan cupang? Hahaha.. Deni manysia ikan itu kan buku cerita jadul ya?

      Ngemil sebaskom? Olala..
      Ngemilnya cukup sedikit kok.. tapi bolak balik..
      Hihihihi...:)
      Tapi aku mau ngemil banyak pun berat badan tetap stabil nggak pernah gemuk.. Hehehe.. :)
      Nggak pernah diet..

      Delete
    12. Iyaa .. dulu aku suka banget loh sama tokoh Deni manusia ikan itu, kok kayaknya asik banget bisa bicara di kedalaman air 😁

      Tuuh kaaan ... laah ya bener sebaskom kalo diitung2 bolak balik ngemilnya 🤣

      Delete
    13. Ooh brader dulu ngefans dan suka sama tokoh Deni si manusia ikan? Jadi hobby nya renang mungkin terinspiraso dari tokoh Deni manusia ikan itu.
      Tokoh Deni itu kan lama banget ya? Jadul? Aku masih kecil sekali. Kalau begitu btader ini angkatan jadul ya? Hihihiho... Maaf becanda..!:)

      Iyaa.. Iyaa kalau aku ngemilnya bolak balik bisa dihitung sama dengan sekontainer.. Puas? Hahaha..!:)

      Delete
    14. Iiizzzhh ... aku juga saat itu masih kecil bangeet baca tokoh Deni manusia iwak itu,sista 😑
      Bacanya aja masih patah2 😁

      Delete
    15. Ouw jadi masih kecil banget juga waktu baca buku cerita Deni manusia ikan ? yang bener nich..? Sumpeh..? Hahahaha.... Kidding..:)
      Oke.. percaya kalau begitu..
      Soalnya aku dulu pernah lihat gambarnya aja Deni manusia ikan tapi nggak tahu ceritanya masih kecil banget...
      Yang ngerti tentang cerita Deni mamusia ikan itu kakak-kakaku..

      Delete
    16. 😃 taunya iwak goreng yaa ..
      Hahahaa ...

      Yook dimasak bumbu asam manis 😉

      Delete
    17. Hahaha... Iya ngertinya Iwak laut.. Iwak goreng rica-rica, Iwak goreng balado terong balado..
      Oh brader suka ya sama ikan asam manis? Ayook kita coba buat yook.. Hehehe..
      Tadi maksi nya lauknya apa? Kepo ya? Hihihihi..
      Aku tadi maksi nya nasi rawon. Doyan rawon nggak brader? :)

      Delete
    18. Ho'oh tuh aku suka sama bumbu asam manis pedas .. makan terasa jadi lebih lahap [bilang aja rakuus .. 😂]

      Aku suka rawon,tapi ... cuma kuahnya.
      Hahaha .., soalnya kalo potongan dagingnya ukurannya gede2 kok aki malah ngga doyan duluan ngelihatnya.

      Delete
    19. Oouw... Ternyata suka banget sama Ikan asam manis pedas.. selera makan jadi nambah ya? Hehehe... Sip yang penting napsu makan.. Hehehe..:)

      Oh doyan rawon juga ya brader? Aku juga kalau potongan dagingnya gede-gede jadi nggak selera.. Biasanya aku makan kuahrawonnya sama lauk perkedel atau telur asin..
      Sebentar lagi mau maksi lagi ya brader?
      Kalau aku masih kenyang tadi ngemil kue putu.. Jadi nggak maksi... Hehehe.. :)

      Delete
    20. Lah kok sama ya ternyata 😲 .. kurang selera lihat potongan daging2 gede.
      Kecuali di grill kayak masakan Jepang itu,baru aku suka.

      Yook, lunch ..
      Siang ini aku lunch menu sop kacang merah.
      Lagi dieeet yaa ... ?

      Delete
    21. Iya ternyata kita sama nggak doyan daging yang gede.. Bener daging cocok dimasak ala Jepang. . bumbunya lebih terasa ya kalau daging dimasak ala Jepang.. terasa khas dengan kecap jepangg kikkoman, mirin dsb

      Ouw brader maksi menu nya sop kacang merah? wah seger enak tuch..
      Hehehe.. aku nggak diet kok. hanya ditunda nunggu lapar.. Ini mau makan urap-urap sama ikan goreng.. urap-urap tahu kan? Kalau orang jawa tengah bilang gudangan... Hehehe.. :)

      Delete
    22. O,kalo di sini Gudangan itu disebutnya Kluban.

      Kluban bisa ada 2 pilihan varian : dikucur pake sambal kacang tanah atau hanya pake urap [parutan kelapa]

      Menu pendampingnya bisa tahu, bisa tempe atupun perkedel.

      Delete
    23. Oh gudangan disebut juga kluban berasal dari kata kulub an ya? yang artinya rebusan?
      Kluban juga ada 2 ya?
      Aku tadi makan kluban yang pake urapan parutan kelapa berbumbu.
      Kalau kluban yang disiram sambal kacang tanah itu apa sama dengan bumbu pecel? atau beda lagi brader?
      Jadi penasaran sama kluban yang satu ini..:(

      Tadi menu pendamping kluban urapan ikan goreng hehehe.. nggak matching ya? Tempe tahu nya habis.
      Maklum separuh mollucas ini doyan sama ikan hehehe..

      Delete
    24. Rada2 mirip antara kluban berbumbu kacang tanah encer dan pecel.
      Tapi kalo pecel, bumbunya lebih terasa aroma jeruk purutnya.
      Sama2 enak 😁

      O,penyuka semua jenis seafood ya ?.
      Ngga matching gpp .. yg penting wareeeg ... 😃

      Delete
    25. Ooh ada miripnya ya antara kluban dan pecel.
      Hanya kalau bumbu kacang kluban lebih encer dan ngga beraroma daun jeruk purut. Tapi sama-sama enak ya? Jadi penasaran kayak apa rasanya kluban bumbu kacang..:)

      Hehehe iya aku penggemar semua hasil laut alias seafood.. cumi doyan tapi kalau buyutnya octopus alias gurita nggak doyan.. Seremm..! Hehehe..:)

      Delete
  4. boleh juga nich ca jagung muda untuk bisa dicoba buat dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Maschun gampang kok buatnya.. Silahkan coba dibuat di rumah..
      Makasih ya kak Machun sudah mampir ke blog aku.. :)

      Delete
  5. Janten klo aku nyebutnya mbak. Enak krenyes2 rasanya. Resep ca jagungnya boleh jg dicoba nih,sederhana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kalau begitu mbak Anggun kita nyebutnya Janten ya?
      Yups bener janten alias jagung muda ini kalau di makan rasanya renyah krenyes-krenyes.. :)
      Silahkan dicoba mbak membuat resep sederhana Ca Jagung Muda ini cocok untuk menu sehari-hari.
      Makasih mbak Anggun sudah mampir ke blog aku..:)

      Delete
  6. Baby corn enaak bangett, apa lagi kalau ditambah daging ayam yang dipotong dadu atau jamur. Saya juga suka makan menu ini pas piknik santai di gunung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau saya tanpa ayam pun.. baby corn tetap enak banget di lidah rasanya krenyes-krenyes.. Hehehe.. Bisa tambah ayam bisa juga nggak sesuai selera ya mbak? Sering buat menu ini buat piknik ya mbak?
      Makasih mbak Imaniar sudah mampir ke blog aku..:)

      Delete
  7. Jadiin sop sis.. kayaknya seger 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Risna..! Kok jarang main ke blog aku? Hehehe..
      Iya bener jagung muda juga oke dibuat sop.. Seger dan enak..;)
      Makasih ya ka Risna sudah mampir ke blog aku. :)

      Delete
  8. Jagung kecil yang manis yang sering saya makan ternyata baby corn namanya. Baru tahu malah

    ReplyDelete
  9. Ooh malah sering makan jagung muda itu ya bang Idris? Hehehe... Iya kita semua tahu nya namanya jagung muda ya? rasanya enak renyah krenyes-krenyes Hehehe...
    Makasih bang Idris sudah mampir ke blog aku.. :)

    ReplyDelete
  10. penasran rasanya, pengen cobain langsung eung..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Silahkan monggo dicobain Ca Jagung Muda nya. Baby Corn ini memang sensasi nya beda . krenyes-krenyes di lidah hehehe..
      Makasih Andi sudah mampir di blog aku.:)

      Delete
    2. Sama-sama, Teh..he
      Asik nih krenyes-krenyes, jadi pengen nih.. :D

      Delete
    3. Hehehe... Siip Andi.. sami-sami.. :)
      Jagung muda (Baby Corn) memang enak rasanya krenyes-krenyes..
      Dibandingkan jagung tua yang alot.. Hehehe..

      Delete
  11. saya paling suka makan jagung muda gini, pengen nambah aja terus saking enaknya.

    ReplyDelete
  12. Oh suka jagung muda ya kak Bimo? sering dimasak lauk apa apa jagung muda nya?
    Memang enak jagung muda rasanya krenyes-krenyes bikin pingin nambah nasi terus hehehe..
    Makasih ya kak Bimo sudah mampir di blog aku.. :)

    ReplyDelete
  13. Jagung muda,,,kalau bahasa jawa namanya "janten" wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas Eko, di daerah saya di Jawa Timur juga nyebutnya janten hehehe.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bakpao Buah Naga Merah

Kue Semar Mendem

Koloke