Roti John Camilan Kekinian

Hallo good morning guys..,  met pagi teman-teman semuanya. Bagaimana nich kabar kalian  semuanya?  sehat-sehat saja kan? 

Bulan April ini sudah mulai panas ya guys?. Tapi ternyata hujan nya masih ada  juga ya meski nggak tiap hari. 
Hari-hari belakangan ini di bulan April, terutama setiap pagi hari saya selalu disambut kicauan suara alunan irama yang khas nyaring serangga yang bertengger di atas pepohonan yang tak lain bernama  "Garengpoeng". 

Seperti kita ketahui bahwa irama suara khas yang dilantunkan oleh hewan serangga Garengpoeng itu adalah sebagai tanda masuknya pada awal cuaca musim panas atau kemarau.

Suaranya kicauannya terdengar sangat khas dan unik.  Di daerah saya serangga tersebut dinamakan dengan sebutan "Garengpoeng", entah kalau di daerah-daerah lain dinamakan serangga apa yang berirama menandakan awal musim panas. 

Wah nggak terasa sudah lebih dari satu minggu saya nggak update. Lumayan lama ya?. Hehehe. 
Baru hari ini saya mulai update artikel baru lagi. 
Kali ini saya akan membahas tentang kudapan / camilan yang belakangan ini lagi ini cukup nge hits.

Jenis kudapan  berjenis roti kekinian yang digemari oleh anak-anak jaman now juga. 
Apakah itu? Teman-teman  mungkin sering mendengar kuliner yang namanya "Roti John" Pernah nyoba kan guys?
Banyak dijajakan di outlet maupun melalui online.

Pasti ada yang penasaran nanya mengapa ya kok diberi nama Roti John?  Sama saja.., saya juga agak penasaran kenapa dinamakan demikian.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Roti John
Camilan Populer

Dari sebuah sumber dari wikipedia di Google.  Definisi dari Roti John tersebut adalah setangkap  roti lapis yang filling nya diisi dengan telur kocok yang berisikan potongan daging atau ayam yang ditambah keju dan saus pelengkapnya.  

Roti John merupakan kudapan atau camilan yang menjadi salah satu hidangan  populer di  Asia seperti Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura ( Source -Wikipedia-).

Awal mengenal kudapan ini saya dikasih tahu oleh saudara bahwa ada roti kekinian yang rasanya enak bertabur keju dan daging tapi rasanya nggak eneg dan  agak mirip dengan cita rasa pizza begitu promosinya kepada saya.
Saya penasaran dan langsung menesannya lewat ojek online hanya sekedar pingin tahu rasanya roti john roti yang populer saat ini . 
Pesanan saya tiba dan saat awal pertama saya menggigigitnya.. Wouw.., memang benar enak, mantap rasanya kaun dengan isian roti-roti pada umumnya.  Sensasi rasanya mirip dengan pizza tapi menurut saya masih lebih yummy roti john, karena isiannya buanyak  banget.  Jadi dijamin makan setangkap roti john pasti bakal kenyang seperti menyantap sarapan.
Gizi yang terkandung di dalam roti John ini bisa dikatakan lengkap karena ada kandungan  karbohidrat dari roti hot dog,  dan proteinnya pun sangat lengkap dengan isian telur , daging dan keju. 
Roti john sangat cocok untuk dibuat sarapan ataupun camilan.  Karena kalori  yang terdapat pada Roti John tersebut  cukup untuk mrmberi energi bagi tubuh kita untuk beraktivitas sampai siang hari.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Roti  John
Camilan Kekinian

Saya doyan banget sama roti john ini tapi kalau beli terus  bakalan boros di kantong. 
Masa sich nggak bisa dibuat sendiri? Untuk itulah saya langsung berburu resep Roti John di youtube. 
Banyak juga ternyata  youtuber - youtuber yang mereview dan  memberi resep lengkap dengan video cara membuat.
Saya mengamati beberapa video cara membuat Roti John. 
Ternyata nggak susah kok membuatnya.  Dan sayapun mulai bereksperimen.  Ada beberapa pilihan versi roti john berisikan daging sapi atau ayam.  Tergantung selera kita mau yang mana.  
Kalau saya pribadi memilih isian telur daging cincang atau bisa diganti dengan kornet juga. Tapi ciri khas roti john ini adalah parutan kejunya yang  buanyak guys. It's so creamy so yummy tase.. 
Dijamin bikin lidah jadi bergoyang terus..., hehehe..

Baiklah dari pada saya panjang lebar bagaimana kalau  saya mulai saja ya mulai membuatnya.
Oke disimak ya teman-teman, berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Taburan isian Roti John
daging giling, sosis,  keju


Bahan : 
  • Roti hot dog   panjang  atau bisa diganti  dengan roti tawar.
  • 2 Telur ayam kocok lepas
  • 50 ml susu cair 
  • 5  SDM  Sereal  ( Optional  boleh di skip) 
  • 3 SDM wortel parut ( Optional boleh di skip)
  • 1 Siung Bawang  Putih diiris tipis
  • 1 Siung Bawang Bombay diiris tipis
  • 3 batang daun bawang, diiris
  • 50 gram daging cincang  / daging kornet
  • 3 lembar Smoke beef  atau diganti  dengan. 3 buah sosis dipotong-potong menurut selera
  • 75 gram Keju cheddar parut atau  2 Slice Keju
  • 3 SDM   Margarine
  • Garam
  • Merica

Cara membuat :
  • Langkah pertama siapkan wadah mangkuk atau bowl.  Pecahkan dan masukkan telur,  sereal (optional),  bubuhkan garam, merica, susu cair, dan  kocok hingga tercampur rata. Sisihkan.
  • Siapkan teflon berisi sedikit minyak masukkan irisan bawang putih dan irisan bawang bombay. Tumis hingga harum masukkan  daging cincang /  kornet dan irisan wortel (optiobal).
  •  Tumis daging cincang beri bumbu lada hitam ( optional) atau bumbu menurut selera anda.
  • Bila menggunakan daging kornet tidak perlu  lagi menambahi bumbu tambahan. 
  • Setelah daging cincang/ kornet  matang angkat dan sisihkan.
  • Panaskan margarine di atas teflon hingga margarine meleleh.
  • Tuangi  kocokan telur  di atas teflon, masak  dengan api kecil hingga setengah matang.
  • Setelah setengah matang masukkan (telungkupkan) roti hotdog  yang telah dibelah dua. Oles permukaan roti dengan margarine.
  • Balikkan roti hotdog yang telah menempel dengan telur.
  • Masukkan sebagian parutan keju di atas telur.
  • Kemudian tuangkan  daging cincang/ kornet ke atas telur dadar dan keju.
  • Sementara itu panaskan smoke beef / irisan sosis di atas teflon sebelah pinggir roti dan .
  • Setelah smoke beef/ sosis matang letakkan di atas keju.
  • Masak hingga keju sedikit meleleh
  • Taburi  lagi dengan keju parut dan  irisan bawang bombay.
  • Kemudian beri mayonnaise  saus tomat dan saus sambal.
  • Tutup roti  angkat.
  • Potong-potong roti menjadi 2 bagian.
  • Siapkan piring dan sajikan potongan Roti John selagi hangat.

Kulinernonfidy.blogspot.com
Roti John
Cheesy n Creamy 


Nah  hidangan Roti John nya sudah jadi dech..,  bagaimana mudah sekali bukan cara membuatnya guys?
Saya yakin sekali teman-teman semuanya pasti bisa mempraktekannya di rumah.

Untuk varian isinya tergantung selera kalian aja  mau ayam cincang atau daging cincang atau kornet ditambah sosis pun pun boleh.
Yang paling penting  untuk isian nya jangan lupa harus diberi keju ya? 
Di atasnya keju tuangkan  saus mayonnaise saus tomat dan saus sambal bagi yang doyan pedas.
Terakhir bisa ditambahkan lagi parutan keju.  Semakin banyak keju akan semakin creamy dan yummy cheesy rasanya.
Sudah pasti sensasi keju itu akan semakin menggoyang lidah kita ya guys? Hehehe. .

Baiklah semoga artikel aneka resep  camilan roti ini dapat bermanfaat bagi semua dan siapa saja yang membutuhkan.

Oke akhir  kata tetap sehat, tetap semangat dan tetap berpikiran positif ya guys?
Salam satu jiwa,  salah sukses selalu..
Cheers. everyone :)







  

Comments

  1. Berarti sama ya sebutan nama serangga penanda bunyi masuknya pergantian cuaca di Jawa~Tengah dan di Jawa~Timur ..., disebutnya garengpong.

    Serangga berwarna hitam dan bentuknya hampir menyerupai seekor kumbang itu dengan cerdiknya mengeluarkan suara sebagai pertanda masuknya musim kemarau tiba 🙂👍

    Betewe, ngobrolin tentang roti John ..., wuaduuh aku keinget ponakananku yang wajahnya mirip sama sista Fidy itu 😁 ...

    Masaaaa nih yaa ..., dibeliin 1 porsi roti John yang memang berukuran jumbo, langsung ... dihabisin oleh dia dimakan sambil kami jalan !.
    Ckckckk ..
    Padahal udah diwanti-wanti untuk sebagian dimakan buat sore atau malam buat camilan...

    Makanya sambil jalan dibelakangku dia kok diem aja ..., taunya sibuk ngunyah ngabisin semua rotinya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Iya ternyata di Jawa Tengah dan Jawa Timur sama ya sebutannya Garengpong untuk serangga yang melantunkan irama khas menandakan pergantian cuaca memasuki awal musim panas.. :)

      Pagi hari saat mendengar kicauan irama khas ole Garengpong membuat aku suka dengarnya. Bagi aku suara Garengpong itu merdu dan indah menandai .
      masuknya musim panas yang ceria.
      Ooh jadi Garengpong itu bentuknya mirip kumbang ya? Aku belum lihat fisiknya hanya mendengar suaranya yang berirama khas. :)

      Btw aku baca cerita brader tentang Fanny aku jadi ngakak wkwkwkwk..:)
      Whaatt..? Serius..? Roti John ukuran 1 porsi jumbo bisa habis ludes oleh Fany ? Wouw...! Surprise..!
      Nggak pakai di sisain camilan untuk malam ?
      Selera makan nya Fany bagus ya btad? Nggak heran badan Fanny bisa bongsor dan tinggi..
      Jalannya di belakang Om nya nggak ada suara, anteng .. ternyata lagi asyik ngabisin roti John Jumbo nya..! Bukan main..! Hebat si Fany napsu makannya juara.. ..!
      Om nya kalah dong kalau disuruh balapan lomba makan roti John sama Fany.. wkwkwkwkwk,. :) Kidding..
      Maklum kids jaman now selera makannya super melebihi kita kids jaman old.

      Oh iya wajah Fanny memang agak mirip sama aku ya? Aku punya foto masih SD memang rada mirip Fanny. Ntar aku cari file fotonya dulu ya brad, kalau nemu aku kasih tahu... :)

      Delete
    2. Eh, tapi di sekitaran tempat tinggalku kok udah jarang ya kedengeran irama nyanyian garengpong ..., tapi di sekitaran rumahnya sista masih kerap terdengar.
      Apa di sekitaran rumah sista masih banyak pepohonan besarkah ?.

      Aku teringat banget suara dan bentuk si garengpong saat aku kecil dulu di desa di rumah nenek buyutku.
      Sama salah satu temen sepermainanku disana, si garengpong ditangkap dan ditunjukkan ke kami ...

      Owalaaaahdalaaah , ternyata bodynya ndut looh ..
      Warnanya hitam kelam gitu.
      Kalau diamati dari sudut berbeda, terlihat ada semburat warna ijonya kayak capung gitu 😁


      Wuaaah ...
      Jangan ditanya gimana besar dan kuatnya selera makan si Fanny ....
      Apa aja dilahap.
      Kerennya, ngga rewel kudu milih makan enak 😁.
      Sampai-sampai pas suatu saat ada acara kumpul makan bareng-bareng .. dialah yang bagian ngabisin sisa makanan yang sayang banget kalau dibuang gitu saja ...

      Ssst, kami sempat nyeletuk bercanda .. , nyebut Fanny si ikan sapu-sapu ...
      Bhua.. hahhaahaa ...

      Baik, ditunggu ya pencarian fotonya sista waktu kecil dulu, ntar dikirim via wotsap :)

      Delete
    3. Ooh sekarang sudah jarang ya kedengaran suara garengping di sekitar rumah brader?
      Di sekitar rumahku sebenarnya nggak banyak pohon besar tapi di kompleks perumahanku itu kan masih ada tanah kosong sekitar 4-5 kavling. Nah tanah kosong itu belum dibangun perumahan karena belum laku, mungkin sama pemiik tanah tsb pasang harga tinggi. Bolak balik sering ada yang ngukur tanah tapi ujung-ujungnya ternyata nggak jadi dibeli.
      Dan tanah kosong tsb otomatis nggak keurus dan ditumbuhi rumput dan semak belukar ada pohonnya cuma ada 1 .nggak terlalu besar.
      Nah kemungkinan arah datangnya suara kicauan irama khas garengpong itu dari atas pohon tsb. Terkadang mataku sepet lihat semak belukar di sekitar perumahan takut ada ularnya. Gegara sang pemilik tanah yang katanya domisili di luar kota pasang harga tanah terlalu tinggi jadi calon pembelinya mikir ulang.
      Ooh dulu brader kecil waktu ke desa nenek buyutnya pernah ditunjukan ya sosok si Garengpong ya? ooh badan garengpong itu gendut? Ukurannya sebesar apa garengpong itu brader? Warnanya hitam? Aku penasaran juga pingin tahu fisiknya. Kok ada yang bilang Garengping itu jenis burung ?yang benar serangga atau burung ya?

      Btw wah aku salut sama Fany yang nggak rewel soal makanan,nggak milih-milih kayak anak jaman sekarang.
      Ooh Jadi gegara sering disuruh ngabisin sisa makanan sayang dibuang jadi Fany disebut ikan sapu-sapu? Wkwkwkwkwk.. .:) Tapi nggak marah ya dia disebut ikan sapu-sapu ?
      Beneran hebat selera makannya Fany juara, pasti badanya selain bongsor dan tinggi juga bakal sehat dan kuat karena nggak milih-milih makanan. Enak ya nggak repot punya ponakan yang gampang makannya. Lucu sich dan senang ngelihatnya.

      Aku masih belum nemu file foto kecilku yang mirip Fany , seingatku sudah aku scan dan simpan di memory card. Ntar aku cari yang teliti lagi baru aku kirim. :)



      Delete
    4. Ditempat saya, tiap hari masih hujan. Dan sempat banjir juga.

      Delete
    5. Iya nih dikotaku udah jarang kedengeran suara indah si garengpong.
      Mungkin di wilayah lain sih masih sering kedengeran juga.

      Yaah tampilan lahan pekarangan kalau ngga terawat begitu .. ya serem juga dilihatnya ya.
      Takutnya jadi tempat persembunyian ular juga jadi tempat mangkalnya mbak kunti dan kawan-kawannya 😱

      Hahahaha ..
      Fanny mah ketawa aja diceletukin begitu 😅.
      Fanny tuh anaknya ceria dan hobbynya ketawa tuh anak ..., guyonan begitu.

      Siyaaap, ditunggu fotonya sista yang mirip wajah si Fanny ya 😁

      Delete
    6. @Djangkaru Bumi =
      Iya di daerahku juga masih ada hujan meski nggak tiap hari. Padahal sudah masuk musim panas. Cuaca berubah -ubah bikin kondisi kesehatan jadi kurang fit..

      Delete
    7. @Himawan Sant =
      Ooh jadi sudah jarang dengar alunan merdu suara Garengpong ya? Mungkin masih ada ya Garengpong di Magelang tapi di wilayah lain.

      Btw itu bukan pekaranganku brader, tapi di dalam komplek perumahan ada beberapa kaviling tanah kosong yang belum di beli orang, Sabg pemilik tanah pasang harga tinggi udah begitu pemilik ranah tsv nggajnggak mengurus dan merawat lahan kosong yang cukup luas tsb. Alhasil kavling tanah kosong tsb ditumbuhi tanaman semak belukar . Kapan itu aku lihat tanaman semak belukarnya sudah sempat dipotong oleh tukang rumput tapi tumbuh lagi karena musum hujan kemarin.

      Iya bener selain takut ada ularnya juga jadi tempat mangkal nya si tante Kunti yang nyari mangsa..! Hiii.. Serem..!! :D

      Wah asyik ya Fanny orangnya ceria nggak tersinggunggan..Di celeruk ikan sapu-sapu ketawa ca aja..itu berarti si Fanny tahan bantingan mentalnya kuat. Hehehe..
      Asyik Fanny orangnya seru. Enak punya ponakan kayak begitu.
      Ponakanku yang cowok kelas 6 SD mau lulus sudah nggak mau jalan bareng aku karena takut diolok-olokk temannya. Pernah jalan bareng diteriakin temannya dikira aku ini ceweknya ponakanku yang abg . Pafahal aku ini kan tanenya ponakanku hehehe.... :)

      Oke sip ditunggu aja fotoku yang mirip Fanny. :)



      Delete
    8. Wwwwkkk ..
      Lah kok bisa gitu siiih .. ponakannya sista udah punya rasa malu canggung diajak jalan bareng sama tantenya 😅 ?

      Yaaah .. padahal rugi tuch ..
      Ngga dibeliin roti john lagi kayak dulu waktu dia masih bocah 😁

      Aku sama Fanny pernah loh jalan bareng berdua ke Yogya, bermalam pula disana.
      Ya cuek aja gitu, ngga malu-malu hehehe ...

      Kalau roti John buatan sista ini, rotinya juga bikin sendiri ya ?.
      Sekarang kulihatin kan banyak juga ya udah ada roti siap saji untuk isian seperti hotdog misalnya.
      Kita tinggal beli, tanpa perlu repot bikin dulu untuk sajian roti john.


      Delete
    9. Wkwkwkwk... Iya aku juga heran ponakanku cowok yg beranjak abg itu kok bisa punya pikiran malu kalau jalan bareng aku tantenya.
      Mungkin karena ponakan ku itu sekarang postur tubuhnya sudah lebih tinggi sedikit dari aku jadi kalau jalan seperti teman, bahkan ponakanku takut dikira diolok jalan sama ceweknya padahal, jalan sama tante nya..
      Sekarang kalau terpaksa beli apa sama aku ponakanku milih naik sepeda aku yang jalan kaki, yo wis aku maklum aja tingkah bocah beranjak abg.:)

      Ooh kalau Fany sering jalan sama Omnya tapi nggak ada perasaan malu ya? Bahkan Fany pernah sama brader ke Yogya brrmalam di sana Wah Fany orangnya asyi ya cuek dan seru diajak jalan. :)

      Oh ya tentang roti John bisa dibaca dan disimak satu persatu mulai dari bahan sampai cara membuatnya. Apa saja bahan yang dubeli dan apa yang dibuat.

      Kalau dilihat dari bahan jenis roti hot dog panjang beli.
      Tapi khusus untuk isian roti John aku buat sendiri. Cara buat isian sangat mudah seperti buat omelet aja tinggal nambahin telur kocok, daging cincang, sosis, keju. Seperti yang sering aku katakan aku sering praktek uji coba masakan. Jadi nggak mungkin lah yang aku posting itu belum aku praktekan. Mesti aku praktek uji coba dulu sudah berhasil baru aku posting. Itulah kenapa aku nggak bisa seperti blogger yang lain sering posting artikel karena aku harus sering uji coba dulu praktek masakan agar bisa diposting untuk artikel baru.




      Delete
    10. Wuaaah .. mantul kuy, sista .. 👍

      Aku support, setiap resep yang ditampilkan di blog sista ini melalui serangkaian tahapan uji coba terlebih dahulu, sampai betul-betul karya layak tampil dan layak dipraktekkan oleh para pembaca.

      Salut buat segala perjuangan dibalik pembuatan artikel resep kulinernya.

      Oya, sista kalo pergian bareng si ponakan, mlih dengan berjalan kaki ?.
      Gpp, malah sehat juga, kok.
      Itung-itung buat gerakin tubuh kita juga buang kalori.
      Aku sendiri juga gitu, kok ...
      Seringkali sengaja menyibukkan diri agar tubuh bergerak, ya biar sehat dan pikiran ngga suntuk ngelantur gitu hehehe :)

      Delete
    11. Syukurlah kalau akhirnya brader tahu dan paham aku harus melewati proses beberapa kali uji coba praktek dulu sebelum memposting artikel baru agar layak tampil dan dapat dicoba oleh teman-teman semua.
      Jadi siapapun tidak perlu bersikap suudzon dulu terhadap hasil postingan kulineranku. Siapa pun mungkin bisa mencemooh artikel kulineranku ini, tapi seandainya saja mereka tahu dibalik itu semua nggak mudah perlu perjuangan dan pengorbanan untuk membuat setiap postingan artikelku agar agar bisa layak tampil.
      Jadi alangkah baiknya bila dapat menghargai hasil karya orang lain, dengan begitu hasil karya kita juga akan dihargai orang.
      Saling menjaga perasaan dan menghargai orang lain.

      Makasih banyak atas supportnya brader.. Semoga kita semua bisa meraih keaukaesan dan selalu berpikiran positif.

      Btw kalau ditanya kalau bepergian apa aku memilih jalan? Nggak selalu tergantung jarak yang ditempuh.
      Kalau bepergian jarak jauh aku milih naik grab bike atau gojek.
      Kalau kebetulan aja berkunjung ke rumah kakakku, aku biasa menemani ponakanku beli jajan ke toko atau minimarket yang nggak begitu jauh dari komplek perumahan , aku dan ponakanku biasa hanya berjalan kaki aja. Hitung-hitung olahraga jalan santai berganti suasana..
      Benar berjalan kaki membuat bada sehat dan menghilangkan pikiran suntuk, pikiran menjadi fresh kembali :)

      Delete
    12. Yups, sependapat dan sangat mendukung untuk saling menghargai karya seseorang dibalik sebuah proses rangkaian panjang untuk jadi sebuah artikel.

      Seperti kita tau, bukan hal yang mudah membuat satu post.

      Eits, tapi jangan salah persepsi pertanyaanku diatas loh, ya 😁 .
      Pertanyaanku itu tentang roti panjang untuk isiannya .., soalnya sekarang ini kan sudah banyak tersedia di toko roti atau swalayan.
      Jadi lebih praktis dipraktekkan, kita tinggal mengolah isiannya dengan kesukaan kita.

      Dan itulah alasanku aku bertanya seperti itu 🙂.
      Juga agar para pembaca terinspirasi punya ide juga tanpa perlu membuat roti panjang lebih dulu, tinggal beli di swalayan .., praktis hehehe 😉
      Terus, pembaca tinggal mempraktekkan cara pembuatan isian roti John dari artikel ini.


      Betul ituuu ..., ambil sedikit waktu berjalan kaki keluar rumah itu bisa merefresh pikiran kita.
      Kalau kita cuma berdiam diri dirumah dan kesehariannya berulang terus begitu, pikiran akan jadi suntuk.
      Ngga perlu jauh-jauh bepergian, di sekitaran luar rumah juga sudah
      cukup jadi hiburan pikiran 👍

      Delete
    13. Iya untu roti luarnya yaitu roti hotdog panjang lebih praktis beli .
      Tapi kalau untuk isian nya roti hotdog harus buat sendirk. Dan sudah banyak tutorialnya di youtube cara membuat isian roti John .Mudah kok cara buatnya seperti omelet tapi lengkap isinya.

      Iya daripada di rumah terus lebih baik jalan-jalan keluar.
      Apalagi untuk keperluan beli ini itu aku milih naik grab bike untuk ke mana-mana. Praktis dan nggak capek.:)

      Delete
    14. Iyups, betul .., biar mantul dan isian roti John lebih sesuai dengan selera kita .., kita pilih sendiri bahan isiannya, terus kita bikin sendiri.
      Itu terasa lebih kena rasanya 😋

      Apa sista belum beranikah mengendarai kendaraan sendiri ?.
      Cobalah pelan-pelan berlatih numpak, eh # .., naik motor sendiri.
      Awalnya sih pasti ada rasa deg-degan juga, tapi lama kelamaan terbiasa kok.

      Delete
    15. Iya bener banget isian roti John kita pilih dan kita bikin sendiri biar rasanya lebih kena di lidah juga isiannya bisa jadi lebih banyak lebih mantul .. :)

      Hehehe .. Iya benar aku belum berani mengendarai sepeda motor sendiri. Teman ku juga ada nyaranin supaya aku berlatih naik sepeda motor sendiri, tapi jujur kalau masalah mengendarai kendaraan aku orangnya panik kan, takut ada paranoid begitu.. Mungkin aja aku ini perlu di hipnoterapi kali ya? agar rasa takut itu bisa hilang.
      Aku merasa lebih aman nggak mengendarai.

      Delete
  2. Roti John unik banget ya mbak Fidy, atasnya persis hot dog, tapi tengahnya ada mirip mirip Po-boy...udah terasa enaknya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Lantana atas apresiasinya.
      Iya roti yang dipakai jenis roti hotdog hanya isiannya yang beda kalau roti John ada telurnya daging cincang keju mayonnaise saus tomat saus sambal.
      Silahkan dicoba buat kak Lantana untuk camilan sekeluarga .Lumayan mengenyangkan. Moga bermanfaat ya kak.

      Delete
    2. Iya nih, ntar kalo beli roti hotdog di coba isian roti john...telur dan mayo kombinasi yang enak apalagi ada saus tomat dan saus sambal, terus daging cincang...ehmm lengkap nutrisi..

      Delete
    3. Hehehe iya kak Lantana silahkan nyoba buat roti john roti hotdog isian telur daging cincang dan taburan keju yang banyak. It's so cheesy and yummy. Camilan roti john sangat bergizi dan menyenangkan cocok buat camilan pengganti makanan utama. Met mencoba..

      Delete
    4. Hihihi...bener juga ya, camilan pengganti makanan utama...;)

      Delete
    5. Maaf kak Lantana telat balasnya karena beberapa hari ini kondisi badan kurang fit lagi flue n batuk jadi nhgal bisa fokus balas koment.

      Iya kak Lantana roti John ini bisa sebagai pengganti makanan utama..
      Met mencoba ya kak ? Mer memasuki bulan Ramadhan kak Lantana.. :)

      Delete
    6. Bagaimana sekarang kondisi mbak Fidy? Udah baikan?

      Selamat memasuki Ramadhan juga yaa, ditunggu kuliner sepesial buat bukaan dan sahur

      Delete
    7. Makasih atas perhatiannya kak Lantana.
      Sudah kesehatanku sudah agak baikan tapi belum pulih benar, flue nya sudah sembuh tibggal batuknya aja.
      Nanti kalau kondisiku sudah enakan aku akan praktek kuliner dan posting artikel baru.
      Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kak Lantana. Semoga lancar ibadad puasa kita.

      Delete
  3. Dulu sempat nyoba roti jhon tapi uda lupa rasanya. Sekarang uda bisa ngikutin resep mbak nih. Apalagi bentar lagi bulang ramadhan, jadi bisa hemat pengeluaran tanpa harus beli makanan diluar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Ridsal apresiasinya..
      Sudah pernah ya kak Ridsal nyobain nyicipin roti John tapi lupa rasanya? Hehehe...
      Iya dengan resep ini ntar bisa dicoba mudah cara buatnya. Apalagi untuk bulan Ramadhan cocok dan praktis untuk sahur dan buka puasa hehehe..

      Delete
    2. Sama-sama kak..
      Iya cukup praktis kak..

      Delete
    3. Iya kak Ridsal semoga resep roto John ini bisa bermanfaat untuk menu berbukqberbuka puasa..

      Delete
  4. Di bulan april ini udara udh mulai panas namun kdg2 masih turun hujan di daerah saya mbak Fidy...
    Roti John enak bener nih dgn isian daging cincang, sosis dan keju, cocok buat saya yg saat nulis komen ini lagi nonton siaran langsung bola hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh sama kalau begitu ya di daerah mas Aris sudah mulai panas tapi masih turun hujan juga. :)
      Di daerahku kalau pagi sering terdengar bunyi suara kicauan serangga Garengpong. pertanda pergantian cuaca masuknya musim panas..

      Hehehe iya bisa dicobain roti John ini mas . Aris. Roti kekinian disesuaikan dengan selera kids jaman now. Isianya telur, daging cincang, sosis, keju yang melimpah. Wah makan roti John ini bisa klenger deh..soalnya isianya banyak bergizi dan cukup msngenyangkan apalagi sambil nonton bola ngemil roti John bisa tambah semangat nontonnya. Hehehe... :)

      Delete
    2. Kalau isianya telur, daging cincang, keju dan sosis, mantap betul mbak dijamin super kenyang

      Delete
    3. Iya maa Aris, roti John dengan isiannya yang sangat lengkap ini dijamin bakal super kenyang. :).

      Delete
  5. selamat pagi menjelang siang,petang dan malam Mbak....! :)

    Saya baru tahu kalau ada roti dinamai dengan nama laki - laki, tapi nanggung sekali penamaannya, coba dinamakan Roti John Lenon atau John Pedia,,,,tambah asik tuch,,,hahahah....

    kalau lihat dan baca review-nya, saya yakin roti ini rasanya luar biasa nikmat ketika di kunyah....

    didaerah saya belum ada roti ini, kalau SariRoti banyak, hahahah....

    Yuk...bagiin kami, mumpung belum puasa,hahahah........

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Kang Nata =

      Kuraaang ...

      Ini belum disebut ..., John Banting ..

      Wwwwkkk :D

      Delete
    2. @Kang Nata =
      Selamat pagi juga kang Nata

      Ooh jaru baru dengar ya roti dinamain laki-laki? Bukannya sudah ada sebelumnya nama roti Boy? Hehehe..
      Nanggung ya namanya ? coba namanya roti John Toor, John Tralalala, wkwkwkwk :D
      Makasih kang Nata atas opininya.
      Belum ada ya roti John di daerah kang Nata . ?
      Bole dibagikan tapi ntar kalau ketemu di acara kumpul-kumpul reuni blogger di Malang Jatim.
      Wkwkwkwk.. :D

      @Himawan Sant =
      John Banting, John Pantau, John Galau, :D

      Delete
    3. Ya ampuun...segitu banyaknya jenis-jenis john

      Delete
    4. Wkwkwkwk... Itu cuma becandaan aja kok kak Lantana... :D Jenis roti nya ya cuma roti John aja hehehe..

      Delete
    5. Ada satu lagi John Tralalala... ����

      Delete
  6. nama rotinya bikin ngakak wkwk :D, btw gue baru denger ni roti, kayaknya di daerah gue juga belom ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Khanif .
      Lho kok malah ngakak baca nama roti ini? Aneh atau unik? Hehehe..
      Roti John ini sekarang lagi banyak digemari anak jaman now.
      Kapan-kapan Silahkan coba buat kak Khanif bagus dubuat bisnis kuliner .:)

      Delete
  7. wah dari foto nya aja udah bikin ngiler nih gan roti nya, sepertinya rasa nya maknyus ya gan, jadi bisa dicoba nih resep bikin roti john ini buat semua yang pengen eksplore masakan unik dan enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Zunif atas apresiasinya.
      Iya roti John ini cukuo kalori dan lengkap gizinya karena ada telur daging, taburan keju yang banyak.
      Rasanya cukup mengenyangkan cukup buat energi beraktivitas sampai siang atau sore hari.

      Silahkan dicoba kak Zunif pasti bikin klenger saat menyantapnya karena porsi isiannya yang banyak dan mantap bergizi. Hehehe..

      Delete
  8. kayak roti cane nih,, apa beda yah?
    cocok pas mau ramadhan ,
    buat buka puasa kayaknya enak,, makan 3 biji hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Aldhi apresiasinya.
      Menurutku nggak seperti roti cane beda kak. Kalau roti cane kan seperti roti maryam ya?
      Hehehe .
      Kalau roti John ini mirip piza tapi isiannya lebih lengkap ada telurnya, daging cincang, sosis, keju yang banyak.

      Oh kalau buka puasa mau makan 3 biji? Wkwkwkwk.. Silahkan kak Aldhi tapi roti John ini makan satu aja sudah klenger kenyang karena porsi nya gede dan isiannya padat bikin kenyang luar dalam hehehe..
      Met mencoba kak Aldhi..

      Delete
  9. kalau mampir blog sini mendadak pengen ngemil mulu bawaaanya,, lihat menu enak2 terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Kotanopan apresiasinya.
      Pingin ngemil makanan terus. kalau ke blog ini? hehehe... Lah bagaimana lagi wong blog aku niche nya tentang kulineran?
      Silahkan dicoba roti John nya kak ntar jadi kayak anak zaman now.. Wkwkwkwk

      Delete
    2. sebenarnya saya seh kalau masalah coba icip2 makanan rajin sangat mbak, cuma klosuruh masak atau bikin sendiri hadeuh,, malesnya kadanggk ketulungan. :D wkwkww

      Delete
    3. Hehehe... Iya siapapun kalau di suruh nyobain kulineran pasti nggak akan nolak:)

      Iya kalau disuruh bikin sendiri. Ogah ya?
      Ita nggak apa:-apa kak kotanopan kan cowok jadi nggak wajib untuk praktek masak hehehe

      Delete
  10. Wah itu mah bukan makanan kudapan lagi, tapi sudah makanan pokok kalau bahan-bahannya seperti itu. Satu roti saja, dijamin kenyang kayaknya nih.
    Namanya unik ya, mungkin pertama kali yang buat namanya pak jhon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Djangkaru apresiasinya .
      Hehehe... Iya roti John ini kudapan yang isiannya lengkap bergizi dan mengenyangkan sehingga bisa sebagai pengganti makanan utama.
      Iya namanya unik bisa jadi mungkin penemu ide resep ini namanya Mr. john ya? Hehehe..
      Dicoba mas Djangkaru semoga suka . Met mencoba... :)


      Delete
  11. awal-awal booming sampai rela antri buat beli dan ngerasain seenak apa kah roti john ini. Ditambah topping nya yang bisa kita request menambah kelezatannya dari roti john ini. Cuma seperti kata kak fidy kalau tiap hari beli mah bisa jebol kantong. wkwkwk mending buat sendiri aja ^^ seenggaknya kita juga tahu itu mengenai kebersihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Icha atas apresiasinya.
      Ooh di sana saat booming itu untuk beli roti John sampai harus ngantri ya? Wah luarbiasa ya apresiasi maayarakat kalau ada kulineran baru yang lagi hits.
      Kak Icha juga rela antri ya?

      Iya bener kalau beli terus bisa menguras dan jebol isi kanong.
      Yups setelah tahu resepnya mending buat roti john sendiri aja kak IchaIcha. Mudah cara buatnya dan tinggal nambah toping sesuai selera. Benar sekali selain itu kebersihannya bisa terjaga.

      Met mencoba kak Icha.
      Sukses selalu kak Icha.

      Delete
  12. mirip roti bakar ya teh,..saya sih belum pernah coba ini kue,..enakkah rasanya,...apakah ada manis dan pedasnya,...he-he,..jadi penasaran,...

    ngomong-ngomong terima ksih resepnya teh,..semoga nanti bisa saya coba dan semoga aja berhasil karena beda tangan dan beda orang bisa beda hasil loh,...ha-ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Kuanyu atas apresiasinya. Hehehe ini nggak mirip roti bakar, tapi roti dengan isian nya mirip pizza. Tapi bedanya kalau pizza nggak isiannya menggunakan telur untuk isiannya nggak gunakan telur. Sedangkan roti john ini isiannyaisiannya gunain telur, dagin cincang, , sosis, keju. Jadi lebih lengkap. So makan sepotong atau 1 porsi roti John aja akan terasa kenyang bisa untuk pengganti sarapan dan mencukupi kebutuhan energi sampai siang dan sore hari. .
      Silahkan kak Kuanyu dicoba buat gampang kok, nggak usah khawatir tentang hasilnya karena meski beda tangan beda orang yang penting hasil buatan sendiri itu lebih puas karena busa disesuai kan dengan selera kita masing- masing.

      Delete
  13. Ini emang enak banget ya?
    Jujur dulu waktu masih tinggal di jakarta dan berkunjung ke rumah saudara di bekasi suka liat stand nya roti john, banyak yang antri tapi saya gak pernah beli. Liat ulasan di sini kok nyesel ya. Fyuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Uyo Yahya atas apresiasinya.
      Iya roti John ini belakangan ini sangat disukai oleh kawula muda anak-anak jaman now.

      Ooh saat ke Jakarta kak Uyo nggak beli roti John ya? Nggak apa-apa nggak perlu nyesel , kak Uyo bisa coba bikin roti John sendiri seperti resep di atas.
      Tinggal beli roti hotdog panjang dan beli bahan- bahannya seperti telur dan lain-lain.
      Terus tinggal buat dech isiannya dari telur kocok , daging cincang/ kornet, sosis, keju. Buat seperti omelet ( dadar) lalu telungkupkan roti hotdog di atas omelet beri tambahan parutan keju, mayonnaines saus tomat Jadi dech roti John nya. Mudah kan? Hasulnya pasti akan lebih banyak dan lebih puas makannya karena sesuai selera kita. Met mencoba kak Uyo.. Suksea selalu. :)

      Delete
  14. sekarang ini memang yang nama nya cemilan, tidak hanya harus enak ya kak, tapi juga harus bagus tampilan nya sehingga bisa menarik minat kaum milenial untuk mencobanya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar kak Zunif zama sekarang makanan itu nggak cuma harus enak tapi dari segi tampilannya juga harus baik indah menarik dilihat agar bisa mengguggah selera yang orang yang melihat.

      Karena dunia kuliner sekarang juga banyak persaingannya jadi mau nggak mau harus memperhatikan rasa, kualitas tampilan kemasan produk kuliner yang dihasilkan. Ya nggak kak Zunif? Hehehe.. :)

      Delete
    2. betul itu kak, saya setuja sama kakak, sukses terus kak dalam berkarya :)

      Delete
    3. Makasih kak Zunif opininya.
      Sukses juga buat kak Zunif dalam setiap karyanya.
      Maaf baru balas komennya karena kondsi badanku lagi kurang fit.
      Sukses selalu kak Zunif.

      Delete
  15. Saat ini banyak aneka macam cemilan, entah itu cemilan saat hamil bagi perempuan,

    cemilan saat nongkrong , bahkan cemilan ngadepin komputer saat ngeblog, yang namanya cemilan pokonya harus ada, apa lagi cemilnya roti favorit Roti John Camilan Kekinian ala Fidy Sandri ....weees...pokoe mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. kak Asnaji sudah mampir ke blog aku.

      Ooh apa kak Asnaji litu habis belikan camulan buat istrinya yang lagi hamil to? Kok bahas camilan buat wanita hamil? Wkwkwkwkwk.. :D. Becanda.

      Iya semoga camilan kekinian Roti John ini bisa dicicipi dan menjadi resep favorit kak Asnaji sekeluarga ya?..
      Makasih banyak apresiasiny,a kak, sukses selalu kak Asnaji.

      Delete
  16. Replies
    1. Makasih atas apresiasinya kak . Sukses selalu kak Lorenzotanz.

      Delete
  17. WHEWWWW

    NGILER ABISSSSSS

    Dari jauh kayak roti biasa, pas liat isinya baru deh mupeng wkwkwk
    Tambah rawit bisa lebig joss nggak ya ini mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Aul apresiasinya.
      Setelah lihat isinya baru ngeh dan mupeng ya? Alhamdulillah kalau begitu Aul doyan roti John ya? Hehehe.. :)

      Ooh mau ditambahin cabe rawit ? Kan ada keju nya ntar rasanya jadi perpaduan western n eastern alias campur-campur dong ya? Hehehe...
      Boleh aja asal suka dan nggak kepedasan.
      Ntar judulnya Roti John rawit Wkwkwkwkwk...

      Delete
  18. Belum ada yang baru nih, sudah bulan mei. keburu puasa deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih mas Djangkaru sudah ngingetin keburu bulan puasa.
      Sekarang kondisi badanku ku lagi kurang fit. Jadi belum bisa prakte. Ntar ya kalau badanku sudah fit aku akan posting artikel baru.
      Sukses selalu mas Djangkaru.

      Delete
  19. Replies
    1. Oh silahkan di copas kak. .Saya ikut senang bila resep ini bisa bermanfaat bagi semua.
      Makasih kak sudah mampir di blog aku. Sukses selalu.

      Delete
  20. SAOSSNYAAAAAA... ngiler kann ... tanggung jawab mbak.. wkwkwkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Michael "Dije" David atas apresiasinya..

      Ouw kirain kejunya.. ternyata yang bikin ngiler itu SAOSSNYAAA nya..? :)
      Wkwkwkwk. .
      Itu stok saosnya masih satu drum kok boleh nambah sesukanya. :)
      Hehehe...



      Delete
  21. kalau masih muda, makanan jenis apapun suka di lahap ya kak, tapi kalau sudah tua, jadi selektif memilih makanan, karena banyak pantangan ini dan itu, soalnya ada gejala penyakit ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali kak Zunif kalau masih muda makanan apa saja bisa kita makan karena nggak ada pantangan. Tapi kalau nanti sudah tua kita harus mengendalikan diri makan tidak berlebihan dan paling bagus harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti makanan yang berserat tinggi yaitu sayuran dan buah ya kan? :)

      Delete
    2. padahal biasanya kalau sudah tua sudah mapan dan banyak uang juga ya kak, sayang juga ya uang nya nggak bisa buat beli makanan yang enak enak hehehe :D

      Delete
    3. Iya benar biasanya sudah tua sudah mapan penghasilan cukup tapi ada kendala nya yaitu nggak bisa makan yang enak-enak karena mungkin saja ada gejala penyakit yang timbul karena dulunya sering makan makanan enak dan berlemak.
      Alangkah baiknya bila sedari muda kita bisa menjaga makanan. Boleh makan yang enak dan berlemak tapi sekali-kali saja. Selebihnya harus sering makan makanan yang berserat seperti sayur dan buah-buahan. Agar terhindar dari pengakit. Iya kan kak Zunif

      Delete
  22. Wahhh syukurlah ada rasa pedasnya saja, tapi masih dilapisi sama keju juga yaa, huhu rasanya jadi pedas ke asinasinan gitu.. Jajanan kekiniannya bercampur jadi berbagai macam rasa yaa heumhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Ariwcp atas aptesiasinya.
      Iya ini roti John camilan kekinian demgan isian telur daging cincang saus tomat dan parutan keju yang banyak sesuai selera anak jaman now.

      Semoga bermanfaat ya resep ini. Sukses selalu.

      Delete
  23. Hai Kak Fidy...
    Di Kota Malang sudah mulai kemarau tapi masih sering hujan, betenya aku malah abis kehujanan ini. Rasanya kayak udah bosen sama hujan sih. Soalnya hujannya sekarang nggak bisa diprediksi, kadang Malang kayak udah nggak pernah hujan, eh tau-tau hujan.

    Roti John? Hmmph... baru tahu kalau sudah banyak youtuber yang bagi'in resepnya dan termasuk blogger Kak Fidy. Bisa bagi'in resep juga. Aku mah apa? Cukup menikmati Roti John saja. Hihi... Aku beli Roti John baru dua kali sih, emang enak banget dan ngenyangin dan kalau lihat dari resepnya ribet tapi wajar, enak kok.

    Jadi pengen makan Roti John deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Einid jumpa lagi.
      Iya di Malang sudah mulai kemarau tapi masih saja turun hujan. Memang hujan di Malang nggak bisa dipreduksi..
      Kak Einid habis kehujanan? Sama kalau begitu. Minggu lalu aku juga kehujanan naik Grab sampai akhirnya aku sakit kena flue dan batuk. Sampai jarang ngeblog dan blogwalking.
      Sekarang aja masih batuk.

      Iya bener kak Einid roti John ini isiannya banyak dan mengenyangka. Oh nggak ribet mudah kok buat isian roti John ini kak. Ntar beli roti hotdog trus bikin isian sendirian aja.
      Lumayan lho hasilnya bisa banyak buat camilan saat santai atau ngemil roti John sambil ngeblog. Oke kan kak? Hehehe..
      Met mencoba kak Einid. :)

      Delete
  24. dulunya aku juga penasaran dengan rasa roti ini, pas nemu lapaknya ya langsung cuss beli, pas mulai kucicipi...ternyata rasanya mirip burger dan mirip pizza...itu menurutku sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Agustina Purwantini atas apresiasinyapresiasinya.
      Maaf baru bisa balas komennya.

      Iya benar aku sependapat kak roti John ini rasanya mirip dengan pizza dan burger. Hanya bedanya kalau roti john ini ada telurnya jadi makin lengkap cita rasanya dan lebih mengenyangkan.
      Silahkan dicoba buat bila berkenan kak.
      Met mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa kak Agustina. :)
      .

      Delete
  25. Aduh siang-siang gini kok gw ngeliatin makanan di blog ini yah. Cepet buka napah

    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Riza atas apresiasinya.
      Hehehe... Roti John ini menggoda orang yang lagi puasa ya? Maaf ya kak? Hehehe..
      Bener juga untuk takjil nanti roti john ini bisa dibuat satu alternatif untuk berbuka puasa.
      Met menjalankan puasa kak Riza..:)

      Delete
  26. Asli saya kudet. Kemaren nyari takjil trs istri nunjuk tuh ada roti John. Kata saya emg itu apa hehehe.

    Trims udah bahas di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama makasih juga bang Day atas apresiasinya.

      Ooh Bang Day saat diajak jajan sama sang istri untuk beli roti John malah menolak ya? Hehehe.. Nyese juga ya?
      Roti John ini rasanya enak seperti pizza dan burger juga cukup mengenyangkan untuk berbuka puasa.
      Selamat menjalankan puasa bang Day. :)

      Delete
  27. dari nama nya aja sudah kelihatan ya kak, roti john, pasti lebih spesial dibandingkan dengan roti biasa, karena dibuat dan diracik dengan hati dan perasaan, sehingga bisa menimbulkan selera makan yang berbeda ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya dari namanya aja roti John ini memang beda, unik karena isiannya yang padat dan cita rasanya mirip dengan pizza dan burger ditambah telur dan parutan keju menjadikan roti John ini spesial dan mengguggah selera untuk menikmatinya.
      Di mana isian roti John ini sagat lengkap cukup betgizi dan mengenyangkan jadi cukup untuk mensuplai energi bagi tubuh kita untuk berakt.ivitasberaktivitas

      Delete
  28. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    ReplyDelete
  29. Please jangan posting beginian karena merusak blog pribadi saya, makasih

    ReplyDelete
  30. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete
  31. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bakpao Buah Naga Merah

Kue Semar Mendem

Koloke